Senin, 01 Oktober 2018

Anjuran Makan Sayur

Mengapa kita di anjurkan bahkan di haruskan untuk mengkonsumsi sayur – mayur dan buah – buahan setiap hari?

Hasil gambar untuk ekspresi bertanya

Terdapat dua tanaman di dalam kategori empat sehat lima sempurna. Kedua tanaman yang dimaksud adalah buah – buahan dan sayur – sayuran. Buah – buahan dan sayur – sayuran ini merupakan dua jenis tanaman yang sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya. Akan tetapi, selalu saja terdapat individu – individu tertentu yang tidak pernah memakan buah – buahan maupun sayur – sayuran dikarenakan ketidak sukaan mereka terhadap kedua makan ini. Rata – rata diantara individu – individu tersebut tidak memakan buah – buahan dikarenakan tidak suka dengan baunya, rasanya dan sebagainya. Sedangkan alasan yang sering digunakan oleh individu – individu pada umumnya yang tidak mau memakan sayur – sayuran dikarenakan tidak suka akan rasa sayur – sayuran yang pahit, dan lain sebagainya. Dan sangat disayangkan bagi individu – individu yang tidak mau memakan buah – buahan dan sayur – sayuran setiap harinya, dikarenakan kedua tanaman empat sehat lima sempurna ini memiliki begitu banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah – buahan dan sayur – sayuran adalah hal uang berbeda namun memiliki kesamaan manfaat. Keduanya sama – sama memiliki kandungan mineral, vitamin, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita dapat mengetahui kandungan dari nutrisi buah – buahan dan sayur – sayuran hanya dengan melihat warnanya saja. Seperti buah – buahan dan sayur – sayuran yang berwarna merah memiliki kandungan likopen yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan kanker prostat dan juga penyakit jantung; buah – buahan dan sayur – sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, dari kedua zat ini dapat membantu pencegahan penyakit mata yang terkait dengan usia; buah – buahan dan sayur – sayuran yang berwarna biru dan ungu memiliki kandungan antosianin yang berfungsi untuk membantu melindungi tubuh agar terhindar dari berbagai jenis kanker; sedangkan buah – buahan dan sayur – sayuran yang berwarna putih memiliki kandungan sulforaphane yang berfungsi untuk membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker.

Dengan berbagai manfaat dan khasiat yang terdapat dalam buah – buahan dan sayur sayuran kita juga harus tau berapa porsi yang harus kita konsumsi setiap harinya. Menurut Kementerian Kesehatran Republik Indonesia porsi untuk memakan buah – buahan dan sayur – sayuran adalah lima porsi dalam setiap harinya. WHO juga menyarankan memakan sayur sebanyak lima porsi per harinya. Hitunga  anjuran mengkonsumsi lima porsi buah – buahan dan sayur sayuran setiap harinya menurut WHO adalah  banyaknya bukti yang mengemukakan bahwa dalam sehari setiap individu wajib mengkonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran minimal 400 gram per harinya dimana dengan sekali porsi makan telah terdapat 80 gram oleh sebab itu setiap individu dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak lima porsi. Semua itu diperlukan untuk kepentingan tubuh kita sendiri yaitu memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan menurunkan resiko penyakit yang serius contohnya seperti stroke, diabetis, dan penyakit serius lainnya.

Namun perlu diingat. Lima porsi detiap hari merupakan porsi minimal dimana setiap individu diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran melebihi yang telah di tentuka tadi. Namun tetap dalam batas wajar. Di Indonesia porsi ini masih terbilang porsi tinggi. Dan apabila dilihat di Indonesia masyarakat masih kurang dalam mengkonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran. Menurut Riset Kesehatan Dasar 2013 93,5% masyarakat di Indonesia kurang dalam mengkonsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran setiap harinya.


snack, camilan, cemilan, snack sehat, snack enak, camilan sehat, camilan enak, cemilan sehat, cemilan enak, dendeng sayur, dendeng daun singkong, jual snack, jual camilan, jual cemilan, jual snack enak, jual snack sehat, jual camilan enak, jual camilan sehat, jual cemilan enak, jual cemilan sehat, jual snack dendeng sayur, jual cemilan dendeng sayur, jual camilan dendeng sayur, jual dendeng daun singkong, Usaha Modal Kecil, Usaha Sampingan, Jual Dendeng Sayur Malang, Jual Dendeng Daun Singkong Malang, Distributor Dendeng Sayur, Makanan Dari Daun Singkong Menyehatkan, Cemilan Enak Dari Sayur, Lawang, Malang, Batu, Singosari, Pasuruan, Madiun, Blitar, Semarang, Tulungagung, Jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar