Senin, 01 Oktober 2018

Seperti apa camilan sehat itu?


Cemilan, snack, camilan, atupun makanan ringan kerap menjadi pola hidup masyarakat di Indonesia pada umumnya. Mengkonsumsi cemilan juga disarankan oleh sebagian ahli gizi, karena dengan mengkonsumsi cemilan manusia bisa menunda rasa laparnya. Akan tetapi tidak semua jenis cemilan baik dan menyehatkan apabila di konsumsi.
Cemilan menurut kebanyakan masyarakat adalah termasuk salah satu penyebab kegemukan. Masyarakat pada umumnya menghindari memakan cemilan dikarenakan takut merubah bentuk tubuhnya yang ideal, menjadikan tubuhnya melar dan ketakutan lainnya. Kebanyakan hal itu ditakutkan oleh kaum hawa. Ditambah lagi cemilan selalu identic dengan kegemukan.
Para ahli teknologi pangan dan gizi seperti Prof. Dr. Made Astawan dari Institut Pertanian Bogor mengatakan bahwa cemilan, camilan, snack atau makanan ringan sebagian besar memang mengandung padat kalori serta tak memiliki nilai gizi yang cukup. Dari sinilah penyebab seseorang gemuk saat memakan atau mengkonsumsi cemilan, camilan, snack, atau makanan ringan. Ditambah lagi apabila asupan kalori itu tak dibarengi atau tak di imbangi aktivitas fisik.
Cemilan, camilan, snack atau makanan ringan itu bagus dikonsumsi di saat jam makan, guna menghindari dan menahan kekosongan lambung bisa di artikan juga cemilan berfungsi sebagai makanan pengganti sementara dikala belum sempat makan besar. Kebanyakan orang mengeluhkan asam lambung tinggi yang di deritanya atu biasa disebut dengan maag. Maag timbul karena sering membiarkan perut kosong selama berjam-jam.
Selain itu, cemilan juga memiliki fungsi untuk membantu mengurangi jumlah takaran atau porsi makan besar, dikarenakan perut sudah tak terlalu lapar. Namun, ada hal yang harus diingat yaitu dilarang mengkonsumsi atau memakan cemilan, camilan, snack, atau makanan ringan mendekati waktu makan.
Saran dari Prof Made adalah carilah makanan ringan yang mengandung protein baik itu protein nabati maupun protein hewani, mengandung vitamin yang sangat berguna bagi tubuh, mengandung banyak mineral, serat, serta komponen – komponen bioaktif yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
Kini, terdapat bebrapa produsen cemilan, camilan, snack, ataupun makanan ringan yang juga telah menyediakan produk yang ditujukan untuk kepentingan kesehatan. Biasanya, produk – produk ini terbuat dari bahan – bahan alami seperti sayur – mayur, kacang – kacangan, buah – buahan, dan bahan alami lainnya yang pastinya memiliki vitamin, serat, mineral, protein, yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Contohnya ada keripik bayam, dendneg daun singkong, keripik wortel, keripik kentang, dan masih banyak lagi jenis cemilan yang terbuat dari bahan alami.
Akan tetapi, kita selaku konsumen atau sebagai orang yang mengkonsumsi tidak boleh percaya secara langsung kepada para produsen yang memberikan tawaran produk cemilan atau makanan ringan menyehatkan, rendah lemak, memiliki tinggi gizi, tinggi mineral dan lain sebagainya. Disaat membeli biasakan juga selalu mengecek table kandungan nutrisi dari produk tersebut. Dengan begitu, kita akan tetap sehat dan terhindar dari rasa takut kegemukan. Namun apabila pada table kemasan sudah tampak jelas produk memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, maka boleh langsung di beli. Hal ini dilakukan untuk antisipasi dan menghindari resiko kegemukan. Ini juga dapat dijadikan sebagai cara bagi kaum wanita maupun kaum pria yang ingin hidup sehat.

Karena sehat itu mahal, maka dari itu selagi kita sehat kita harus bisa memilih makanan mana yang menguntungkan bagi tubuh kita dan makanan mana pula yang dapat merugikan tubuh kita.



snack, camilan, cemilan, snack sehat, snack enak, camilan sehat, camilan enak, cemilan sehat, cemilan enak, dendeng sayur, dendeng daun singkong, jual snack, jual camilan, jual cemilan, jual snack enak, jual snack sehat, jual camilan enak, jual camilan sehat, jual cemilan enak, jual cemilan sehat, jual snack dendeng sayur, jual cemilan dendeng sayur, jual camilan dendeng sayur, jual dendeng daun singkong, Usaha Modal Kecil, Usaha Sampingan, Jual Dendeng Sayur Malang, Jual Dendeng Daun Singkong Malang, Distributor Dendeng Sayur, Makanan Dari Daun Singkong Menyehatkan, Cemilan Enak Dari Sayur, Lawang, Malang, Batu, Singosari, Pasuruan, Madiun, Blitar, Semarang, Tulungagung, Jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar